Dompet Bitcoin: 8 Wallet Bitcoin Terbaik Di Indonesia

Sebagai pengguna Bitcoin pastinya Anda membutuhkan wallet Bitcoin.

Tanpa Bitcoin wallet, Anda tidak bisa mengirim atau menerima transaksi dengan Bitcoin. Seperti yang sudah saya bahas pada artikel “Apa Itu Bitcoin”.

Belum baca artikelnya? Silahkan baca terlebih dulu artikel ini: Apa Itu Bitcoin: Cara Mendapatkan Bitcoin

Untuk yang sudah baca artikel, mari kita lanjutkan…

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah Anda paham mengenai Bitcoin wallet dan Anda dapat memilih dompet mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3 Tipe Bitcoin Wallet

Dompet Bitcoin

Ada begitu banyak perbedaan dalam menggunakan Bitcoin. Oleh karena itu, ada beberapa tipe Bitcoin wallet yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, antara lain:

  • Online Wallet: Wallet ini tentunya bersifat online, cukup tersambung dengan internet, wallet sudah bisa diakses melalui web.
  • Hardware Wallet: Wallet ini berbentuk fisik dan merupakan wallet paling aman diantara lainnya.
  • Software Wallet: Tidak berbeda jauh dengan online wallet. Kelebihan lain dari wallet ini ialah berupa aplikasi yang bisa di download melalui mobile phone, komputer atau tablet.

3 Faktor Memilih Tipe Bitcoin Wallet

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih dompet yang sesuai dengan kebutuhan Anda, diantaranya:

  • Frekuensi dari pembayaran. Jika Anda memiliki pembayaran secara berkala, untuk memudahkan transaksi Anda bisa menggunakan mobile wallet dan desktop wallet.
  • Jumlah. Jika Anda memiliki Bitcoin dalam jumlah yang cukup banyak, hardware wallet yang bersifat offline bisa menjadi pilihan yang aman untuk menjaga Bitcoin atau altcoin Anda.
  • Gunakan Kombinasi. Selain itu, Anda bisa mengkombinasikan wallet di atas untuk keamanan dan mobilitas. Sebagai contoh: Mobile wallet dengan jumlah koin yang tidak terlalu banyak digunakan untuk transaksi berkala sedangkan untuk investasi jangka panjang Anda bisa menggunakan hardware wallet.

Online Wallet

Pengguna baru Bitcoin cenderung memilih online wallet. Itu karena, pengguna bisa langsung menggunakannya tanpa harus mendownload aplikasi atau software terlebih dahulu.

Kelebihan dari online wallet ini adalah dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama perangkat Anda terhubung dengan internet. Selain itu interface dari online wallet begitu sederhana sehingga memudahkan dalam penggunaanya sekalipun untuk pengguna baru.

Dari begitu banyak online wallet yang tersedia, saya telah memilih beberapa online wallet yang paling popular sebagai pertimbangan untuk Anda gunakan.

Blockchain.com

Tentunya Blockchain.com sudah tidak asing lagi dikalangan pengguna cryptocurrency, salah satu layanan wallet Bitcoin tertua. Wallet ini gratis dan bisa Anda akses melalui web atau mobile app seperti iPhone dan Android.

Blockchain tidak memiliki fitur khusus, yang membuat wallet ini banyak dipilih ialah kemudahan dalam penggunaanya.

Ini terbukti dengan ia sudah beroperasi di lebih dari 140 negara dan melakukan lebih dari 160.000 transaksi setiap hari.

Saat ini Blockchain.com hanya mendukung 3 mata uang crypto blue chip atau cryptocurrency yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar seperti Bitcoin, Ethereum dan Bitcoin Cash.

Untuk sistem keamanan dari Blockchain.com tidak perlu diragukan lagi, pasalnya hingga saat ini para periset keamanan dunia belum menemukan celah dari sistem keamanan Blockchain.com.

Itu mengapa Blockchain.com aman digunakan untuk jenis transaksi cepat atau untuk menyimpan Bitcoin dalam jangka panjang.

Saya sendiri sudah mencobanya dan selama saya gunakan tidak ada masalah, semuanya berjalan dengan mudah dan aman.

[maxbutton id=”9″ ]

Indodax

Karena Indodax merupakan salah satu pasar online cryptocurrency terbesar di Indonesia, banyak pilihan untuk mata uang crypto lain seperti Litecoin, Ethereum, Ripple, Bitcoin Cash dan masih banyak lagi yang bisa Anda jual dan beli ataupun simpan.

Saat ini Indodax sudah menyediakan aplikasi khusus untuk wallet bernama “Dompet Bitcoin Indonesia” yang bisa Anda install di App Store atau Play Store.

Untuk sistem keamanannya, Indodax menyediakan fitur keamanan seperti Google Authenticator dan menurut saya pribadi sebagai pengguna, ini sangat bekerja dengan baik.

Saya menggunakan situs ini untuk transaksi seperti membeli, trading, kirim dan menerima mata uang crypto hingga penarikan dana.

[maxbutton id=”10″ ]

Luno

Luno adalah nama baru dari BitX yang merupakan salah satu perusahaan Bitcoin yang bermarkas di London sejak tahun 2013. Hingga saat ini Luno sudah tersedia di 40 negara seperti Singapore, Malaysia, Afrika Serikat, Kenya, Nigeria, Indonesia dan masih banyak lagi.

Untuk walletnya sendiri Luno hanya menyediakan 2 mata uang crypto yaitu: Bitcoin dan Ethereum bisa diakses dari web dan mobile app berbasis Android dan iOS.

Anda bisa melakukan transaksi mulai dari jual beli mata uang crypto hingga penarikan langsung ke bank lokal.

Sistem keamanan dari Luno cukup lengkap seperti Deep Freeze, Hot Water, Password dan Two Factor Authentication (2FA). Untuk informasi lebih lengkap dari masing-masing sistem keamanan ini Anda bisa googling.

Kekurangan dari Luno sendiri adalah market yang tidak terlalu ramai untuk pasar di Indonesia, membuat transaksi di Luno kurang likuid.

[maxbutton id=”11″ ]

Hardware Wallet

Jika Anda berencana untuk investasi mata uang crypto dalam jangka panjang, hardware wallet adalah pilihan terbaik.

Setelah Anda menggunakan Bitcoin untuk beberapa keperluan seperti transfer, trading, Anda bisa langsung menyimpannya di hardware wallet dengan aman.

Saat pertama melakukan set up Anda akan diberikan 24-word recovery phrases atau 24 susunan kata pemulihan.

Jangan menyimpan 24-word recovery phrases secara online seperti di dropbox, menyimpan di file PC atau bahkan memfotonya. Anda harus benar-benar menulis dan menyimpannya secara offline di tempat yang aman.

24-word recovery phrases ini digunakan untuk melakukan pemulihan wallet, jika sewaktu-waktu hardware wallet Anda rusak atau hilang.

Berikut ini adalah 2 penyedia hardware wallet terbaik yang bisa Anda pilih:

Ledger Nano

Ledger menawarkan dua tipe wallet: Ledger Nano S dan Ledger Blue.

Kedua Ledger ini dirancang dengan keamanan yang baik serta kemudahan dalam penggunaannya.

Selain itu Ledger telah menyediakan Recovery Seed confidential document untuk mencatat 24 susunan kata pemulihan yang nantinya harus Anda simpan dengan baik.

Ledger Nano S terlihat seperti flashdisk dan memiliki satu layar dengan dua tombol pada bagian atas yang dapat Anda fungsikan.

Sedangkan untuk Ledger Blue memiliki tampilan lebih mirip dengan iPad, untuk fungsinya tidak jauh berbeda dengan Nano S. Sama-sama memiliki dua tombol pengendali, bedanya Ledger Blue dilengkapi dengan layar sentuh.

Ledger dapat digunakan di komputer dengan sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Selain itu Ledger wallet dapat menyimpan lebih dari 700 jenis mata uang crypto. Anda bisa klik disini untuk melihat daftar mata uang crypto yang didukung.

[maxbutton id=”12″ ]

Trezor

Trezor adalah hardware wallet Bitcoin pertama di dunia. Diproduksi oleh SatoshiLabs, perusahaan yang berdiri di Republik Ceko.

Sama seperti Ledger, Trezor juga menawarkan dua jenis hardware wallet: Trezor One dan Trezor Model T.

Trezor One adalah pilihan yang terjangkau dan direkomendasikan untuk para pemula Bitcoin. Untuk pengaturan awalnya sedikit berbeda dengan Ledger Nano S.

Ketika Anda pertama kali menghubungkan Trezor ke PC Anda, akan muncul sembilan digit kode pin pada layar OLED-nya. Anda harus memasukan kode pin tersebut pada layar PC Anda.

Kode ini akan selalu berubah setiap kali Anda menyambungkan Trezor ke PC.

Setelah memasukan pin, Anda akan diminta untuk menulis 24 susunan kata pemulihan sama halnya dengan Ledger wallet diatas. Dalam penggunaanya tidak jauh berbeda dengan Nano S.

Hingga saat ini Trezor telah mendukung 600 jenis cryptocurrency/token.

[maxbutton id=”13″ ]

Software Wallet

Yang membedakan wallet ini dengan online wallet adalah software wallet harus di instal atau di download terlebih dahulu.

Berikut 3 Software Wallet yang bisa Anda pilih:

Xapo

Xapo adalah perusahaan yang berbasis di Hong Kong dan berpusat di Amerika Serikat.

Dengan Xapo wallet, memungkinkan Anda untuk mengelola dana Anda kapanpun dan dimanapun Anda inginkan.

Aplikasi ini hanya tersedia secara mobile yang bisa Anda download di Android & iOS.

Penggunaanya cukup mudah, hanya dengan scan QR code atau masukkan alamat email, nama atau alamat wallet yang dituju untuk mengirim Bitcoin secara instan dimanapun diseluruh dunia.

Semua transaksi disinkronkan kepada semua perangkat Anda secara real time dan dilindungi oleh protokol keamanan yang canggih dengan sebutan “Fort Knox of Bitcoin Storage”.

[maxbutton id=”14″ ]

Jaxx

Jaxx dibuat oleh salah satu pendiri Ethereum pada tahun 2014.

Jaxx memberikan Anda Master seed atau susunan kata pemulihan seperti Ledger atau Trezor.

Berbeda dengan Ledger dan Trezor yang memberikan susunan kata pemulihan berjumlah 24, Jaxx memberikan susunan kata yang berjumlah 12 kata.

Susunan kata ini berguna untuk memulihkan atau mencadangkan wallet Anda, jika sewaktu-waktu device yang Anda gunakan untuk instalasi software Jaxx hilang atau rusak.

Jaxx membuat device Anda seperti hardware wallet, namun Jaxx lebih riskan karena umumnya device yang dipakai oleh user digunakan juga untuk online harian.

Jaxx bisa Anda download di Windows, Mac, Linux, Android dan iOS.

[maxbutton id=”15″ ]

Exodus

Exodus memiliki keamanan yang mirip seperti Jaxx, namun tampilannya sangat berbeda. Exodus memiliki tampilan yang jauh lebih menarik dan intuitif.

Wallet ini menampilkan Bitcoin atau altcoin Anda seperti portofolio, dengan tampilan yang berupa grafik atau chart pada softwarenya.

Selain itu software ini juga terintergrasi dengan layanan ShapeShift.io, sehingga memungkinan Anda untuk bisa langsung bertransaksi seperti membeli dan menukarkan Bitcoin tanpa memindahkan koin ke exchange terlebih dahulu.

Seperti Jaxx, Exodus tidak memiliki pengaturan akun, Anda harus menjaga komputer Anda agar tidak hilang atau dicuri.

Artinya, komputer Anda adalah wallet Anda.

Exodus hanya bisa digunakan di Windows, Mac dan Linux.

[maxbutton id=”16″ ]

Oke itu dia beberapa rekomendasi Bitcoin wallet berdasarkan hasil riset dan pengalaman saya pribadi. Sekarang saatnya Anda memberitahu saya wallet mana yang Anda pilih. Silahkan komen di bawah.

Dan jika artikel ini sangat membantu Anda, silahkan share artikel ini kepada teman-teman Anda di Facebook & Twitter.

HODL!